Peranan Sistem Akuntansi bagi Dunia Bisnis

1/17/2015 06:19:00 AM


Menurut Al. Haryono Yusup(2001),  Akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, mengolah data menjadi laporan, dan mengomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Oleh karena itu, akuntansi juga disebut “bahasa bisnis” karena dengan akuntansi sebagian besar informasi bisnis dikomunikasikan. Akuntansi memiliki peran penting sebagai salah satu penentu masa depan atau kelangsungan bisnis suatu perusahaan.

Peranan utama akuntansi adalah pengontrol atau pengendali keuangan dalam perusahaan. Dalam kegiatan ekonomi, khususnya di dunia bisnis, pengendalian merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan bisnis tersebut. Dengan adanya akuntansi, perusahaan akan mengetahui pengelolaan dana, laba yang dihasilkan, serta kerugian dari aktivitas ekonomi mereka.

Akuntansi juga berperan sebagai media evaluasi perusahaan. Laporan-laporan akuntansi akan menunjukan hasil perusahaan dalam periode-periode tertentu. Laporan akuntansi berisi informasi-informasi penting yang menggambarkan kondisi keuangan perusahaan. Pimpinan perusahaan bisa mengevaluasi bisnis yang dijalankan sekaligus mengidentifikasi masalah-masalah keuangan yang sedang dihadapi dari hasil laporan akuntansi.




Sumber :

Jusup, Al. Haryono. 2001. Dasar-Dasar Akuntansi. Yogyakarta : Bagian Penerbitan STIE YKPN.
Irfani, Halizah. Peran akuntansi Dalam Operasi Bisnis. http://lppm.trigunadharma.ac.id. 2 Agustus 2009.

You Might Also Like

0 Leave your coment