11/22/2012 06:49:00 AM


FRANCHISING (WARALABA)

PENGERTIAN FRANCHISING (WARALABA)
       Franchise sendiri berasal dari bahasa latin yakni francorum rex yang artinya “bebas dari ikatan”, yang mengacu pada kebebasan untuk memiliki hak usaha. Pengertian Franchising (Pewaralabaan) adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang atau jasa .
      Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah: Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Franchising (pewaralabaan) terbagi atas 2 segmen yakni :
Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba. Franchisee hanya menyediakan tempat usaha dan modal sejumlah tertentu bergantung pada jenis waralaba yang akan dibeli.

FRANCHISING ASING
A.      DEFINISI
       Franchising asing atau Waralaba luar negeri/asing adalah waralaba yang berasal dari luar negeri, jenis waraaba ini cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.

B.   CONTOH

    1.    STARBUCK
           


   2.   Mc Donald’s










   3.   KFC





    4.   BreadTalk

     



      5.  Pizza Hut

   







C.   KEUNTUNGAN dan KELEMAHAN

Keuntungannya Franchise :
1.  Franchise mendapatkan keuntungan dari aktifitas promosi dan iklan franchisor pada tingkat    nasional,
2. Franchise mendapatkan pengetahuan yang khusus dan berskill tinggi serta pengalaman dari  organisasi dan manajemen franchisor,
3. Franchise mendapatkan keuntungan dari daya beli yang besar dan kemampuan negoisasi yang dilakukan franchisor atas nama seluruh franchise jaringannya,
4.  Risiko bisnis franchise berkurang sangat besar,
5.  Franchise mengumpulkan banyak informasi dan pengalaman yang tersedia sebanyak-banyaknya untuk dibagi kepada seluruh franchise dalam sistemnya,
6.  Franchise mendapatkan insentif dengan memiliki bisnis sendiri yang memiliki keuntungan tambahan dari bantuan terus menerus franchisor

Kelemahan Franchise :
1.  Tidak dapat menghindari  bahwa hubungan antara franchisor dan franchise pasti melibatkan penekanan kontrol,
2.  Franchise harus membayar kepada franchisor untuk jasa-jasa yang didapatkannya dan untuk penggunaan sistem, yaitu dengan uang franchisee,
3.  Kesukaran dalam menilai kualitas franchisor,
4   Kontrak franchise akan berisi beberapa pembatasan terhadap bisnis yang difranchisekan,
5.  Franchise mungkin akan menemukan dirinya menjadi terlalu tergantung terhadap franchisor,
6.   Kebijakan-kebijakan franchisor mungkin mempengaruhi keberuntungan franchise.

D.  MANFAAT
Manfaat bagi franchisor
     1. Sebuah jaringan yang menawarkan keunggulan berupa keseragaman/homogenitas, daya beli, daya   advertising, sarana.
     2. Biaya pengembangan lebih kecil dibandingkan dengan cabang.Karena investasi terbagi antara franchisor dan franchiese.
      3, Waktu pengembangan lebih singkat.
      4. Partner kerja antara enterpreneur indenpenden yaitu franchiese dan franchisor sangatlah efektif  karena franchiese yang terpilih memiliki motivasi yang kuat, kerja lebih lama dan memanage lebih dekat dibandingkan dengan pegawai.
Manfaat bagi franchiese
      1. Jaringan waralaba memberikan keunggulan berupa homogenitas, daya beli, daya advertising, sarana.
      2. Franchiese mengkopi/meniru kesuksesan dengan di berikannya bantuan dari awal bisnis sehingga lebih cepat dengan biaya yang lebih murah.
      3. Resiko lebih kecil alasan yang sama
      4. Persentasi rentabilitasi capital entrepreneur lebih tinggi
      5. Franchiese menguasai kontrol profesional sperior karena tranfer dan asisten
      6. Franchiese belajar dalam bidang baru.

E.   KIAT_KIAT MEMPERTAHANKAN
        Berikut adalah beberapa upaya yang dapat membantu Anda mempertahankan bisnis waralaba Anda.

1. Pastikan Anda memiliki cukup uang untuk investasi. Tak hanya uang investasi, Anda juga   memerlukan dana cukup sebagai cadangan jika Anda harus mengalami rugi. Dana tersebut juga termasuk dana cadangan hidup Anda sendiri selama 12 bulan ke depan.
2. Taati dan patuhi seluruh sistem waralaba dari pewaralaba. Pewaralaba adalah orang yang mengerti dan berpengalaman di bisnisnya. Mereka lebih paham dan telah jatuh bangun hingga mencapai kesuksesannya sekarang.
3. Jangan abaikan keluarga dan teman-teman Anda. Walau Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk menjalankan bisnis tersebut, tapi tetap sisihkan waktu untuk keluarga dan teman-teman Anda.
4. Perlakukan pelanggan dengan layanan terbaik. Jangan lupa senyum dalam melayani mereka, dan beri tahu mereka bahwa Anda senang berbisnis dengan mereka.
5. Libatkan diri dalam komunitas lokal setempat. Ikuti dan sponsori kegiatan-kegiatan lokal di sekitar gerai Anda, seperti kegiatan sosial, perayaan, acara sekolah, dll.
6. Selalu berkomunikasi dengan pewaralaba dan terwaralaba lain. Jagalah hubungan baik dengan mereka, dan jika ada masalah jangan disimpan sendiri saja. Sebaliknya, seorang pewaralaba juga selayaknya bersikap terbuka terhadap perkembangan gerai Anda. Ada baiknya jika Anda banyak bertanya dan menyampaikan keluhan atau kesenangan yang diperoleh dari menjalankan waralaba. Pewaralaba akan dengan senang hati menerima masukan dan membantu menyelesaikan masalah Anda.
7. Perhatikan detail gerai Anda. Masalah pembukuan harus cermat dan teliti, tidak boleh ada selisih uang walau hanya beberapa ratus rupiah. Tegaskan hal ini pada karyawan Anda. Uang sekecil apapun harus tercatat dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Tekan biaya pengeluaran, dan maksimalkan pendapatan Anda



Sumber : 




You Might Also Like

0 Leave your coment